Zurich, Switzerland

Saya: Pa, negara apa ya yang udaranya dingin, tapi maju?

Papa: Swiss.

***

Percakapannya cuma seiprit, tapi terus-terus keinget . Awalnya nanya gitu sama Papa karna saya suka pake baju model Coat. Trus kalo di pake di Indonesia yang cuacanya panas kayaknya kurang sreg, makanya saya bercita-cita buat tinggal di daerah dingin biar bisa terus-terusan pake baju model gitu tanpa mesti banjir keringet.

Kesininya, saya sempet lupa sama cita-cita saya itu. La wong sekarang saya bisa cuek aja pakai coat di Jakarta yang panas ini. Jadilah si Swiss, yang temperatur  musim dinginnya mencapai  -4 °C , sejenak terlupakan.

Beberapa waktu lalu, temen saya nge-blast email tentang Swiss, terutama Zurich. Bikin saya inget lagi sama mimpi saya. Di dalam emailnya ada sebaris kalimat yang bikin ngiler adalah:

Sedangkan perihal gaji, survei yang dilakukan terhadap 37 kota menunjukkan bahwa pekerja di Kopenhagen, Zurich, Geneva, dan New York memiliki gaji kotor yang tertinggi. Zurich merupakan kota yang tidak tertandingi soal gaji.*

Wow Yeah!! Siapa gamau gaji tinggi,, apalagi ditambah kalimat ini:

Jadi, pekerja di Swiss mendapatkan gaji paling tinggi dan pajak rendah serta jam kerja lebih pendek.

Hmm.. ngiler ga tuh! Tapi, emang sih tiba-tiba pas saya cari-cari lagi kalau Zurich ini negara dengan biaya hidup termahal ke enam di dunia. Bikin drop dikit, tapi gapapa lah. Toh di Jakarta juga gitu. Gaji segini, biaya hidup segono (berapa sih segini dan segono itu??) . Biar ga keterusan ga semangat, saya ngulik-ngulik lagi, ternyata Zurich jadi World’s most livable city in the World. Ini artinya dia memenuhi beberapa kriteria seperti keamanan, cuaca, kualitas arsitektur, toleransi, kondisi bisnis dan pelayanan kesehatan. Siapa nggak mau tinggal di sana? Yaiy! Semangat lagi jadinya *dancing banana*.

1

Berjemur di pinggir danau Zurich, jalan-jalan santai menikmati pemandangan alam sambil chit chat bareng si itu tuuuhh.. (itu tuh siapa), kayaknya bakal nyenengin banget. Karena kota ini dikelilingi lembah dan di tengahnya ada danau. Mau sambil naik kapal menyusuri sungai Limmat atau nyebur-nyebur di air sungainya yang kabarnya air terbersih di dunia. Hmm..hmm.. would be very wonderful day. Puas main-main di aer kayaknya bakal seru banget kalau maen ke atas gunung. Berdiri di Uetliberg terus mandangin  panorama kota Zurich, mau treak-treak dari atas juga barebas. Jangan malu aja ya kalau pergi sama saya trus saya mencak-mencak di atasnya sambil bilang berkali-kali “ihh,,keren banget. Oke banget. Gaya abis”.

4

Habis maen aer trus panjat gunung, nyobain main-main bareng Lemur yang ada di Hutan Hujan Masoala bakal fun abis. Nggak kebayang saya bakal motret-motret-in segala jenis tumbuh-tumbuhan langka sama hewan-hewan lucu. Hmm, mohon bersabar bagi yang bepergian sama saya dan harus jepret sana jepret sini demi mengabadikan momen. Ohya, hampir lupa maen jebar-jebur di Rhine, air terjun terbesar di Eropa. Jangan lupa fotoin saya di sini ya!

Oh God, now I’m drooling

  Kalo maen-maen di alamnya udah, sekarang maen-maen di tengah kota. Yuk ahh nikmatin 100 galeri seni dan 50 museum di Zurich. Gempor-gempor deh. Tapi siapa sih yang ga kepengen poto-poto disana*dasar narsis*. Abis gempor keliling museum, saya ga akan nolak kalau diajakin duduk manis nikmatin premier Opera atau pertunjukan balet di Zurich Opera House. Tenang sajah, kalau nonton seni beginian saya ga akan cerewet. I will keep silent, promise!  ;)

5

Udah dari bersantai, saya juga ga masalah kalau diajak maen ke Bahnhofstrasse. Apalagi kalau ditraktir belanja di sana. Nggak papa koq, saya juga pengen beli souvenirs kan. Mau ngajak dinner romantis di sana juga boleh.. (talk to your hand, Nda..hehhe)

Suuuddd – ahhh mimpinya..

Tapi kalau beneran ada yang nawarin,saya bakal milih di Bulan Juni saat adanya Albanifest Winterthur, festival tahunan terbesar di Eropa. Banyak makanan dan seseruan di sana🙂

Jadi, sudah siap ngajak saya ke sana?

 

 *Berita lengkapnya dapet dari sini.

**Foto-foto nyomot dari sini

7 thoughts on “Zurich, Switzerland

  1. nda said:
    Jadi, sudah siap ngajak saya ke sana?

    kamu ke swissnya harus sama orang yg spesifik ya, nda?

    yaudah, aku ke belanda aja.. *loh kok.. gak jelas..*

    huakhahahaha…

  2. hellooo nda,
    suka sama europe yah?
    it’s very pretty indeed…

    aku dulu tinggal di prancis, nama tempat aku tinggal itu divonne les bains… deket banget sama swiss.. tinggal koprol nyampe…

    semoga one dau kesampean yah..
    amin

  3. @gogo:kok enak yahhh bisa koprol2 trus nyampe belanda??pengen, mau lah, arep aku. arep = mau

    @yang punya blog:## dadine kapan kesampaian ke swissnya yahhh?

    dadine = jadinya

Leave a Reply

