Child’s Smile

Kira-kira setahun lalu saya pernah menulis tentang bagaimana cara mengembalikan mood saya di tengah keruwetan yang dihadapi.

Saya lagi nggak dalam kondisi ruwet-ruwet banget kayak dulu. Ruwet sih, cuma alhamdulillah sudah bisa lebih tenang. Kerjaan memang nggak selalu mulus, tapi untungnya saya dikelilingi teman kantor yang menyenangkan, yang bisa diganggu kapan saja kalo lagi pengen ngelepasin unek-unek (yes, that’s you Diana😉 ).

Hal yang paling jadi masalah sama saya sekarang adalah gimana caranya nurunin berat 4 kg dalam 1 bulan. Berhubung ini kompetisi dengan 2 orang teman saya, ya mau nggak mau saya harus menang. Bukan hadiah yang saya dapet yang saya pikirin, tapi ruginya kalau kalah harus ngeluarin duit yang cukup besar :D Kompetisinya baru jalan 1 minggu. Saya sudah mengubah pola makan. Hasilnya? Alih-alih turun berat, saya malah nambah 2 kg. Grrrr…. masih ada 3 minggu buat ngejar. Do’akan saya berhasil ya!!

Ada keruwetan-keruwetan kecil dalam hidup kita yang sering kita alami. Hal kecil yang bikin kesel, seperti orang yang menyela antrian makan siang padahal kita lagi laper-lapernya atau sesederhana orang yang tiba-tiba ngomel ke kita padahal kita nggak ada hubungannya atau mungkin tiba-tiba ngerasa nggak enak perasaan. Yap, tiba-tiba.. tanpa sebab yang kita tahu.

Kalau lagi ngerasa seperti itu, mau nggak mau kita mesti cari cara buat balikin mood. Setiap orang punya caranya masing-masing. Salah satu cara yang saya lakukan adalah lihat foto ini..

Yup, foto anak-anak kecil yang tersenyum. Jadi ceritanya saya waktu itu lagi foto-foto. Terus anak-anak ini lihat saya foto, mereka gangguin objek foto saya. Supaya mereka nggak ganggu, saya bilang saya akan foto mereka. Dan itulah hasilnya.

Saya suka anak kecil. Saya suka senyum. Foto di atas perpaduan dari keduanya. Anak kecil yang tersenyum.

Setiap kali saya lagi nggak mood, saya lihat foto itu dan saya jadi ingat keriangan mereka. Mood saya bisa balik lagi🙂 Senang rasanya. Kebahagian itu bisa dengan mudah kita dapatkan, kalau kita tahu apa yang kita inginkan, apa yang kita suka. Memang tidak semua hal yang kita suka itu bisa kita dapatkan. Tapi, tentunya ada hal-hal sederhana dan mudah kita dapatkan yang bisa buat kita bahagia. Sesederhana mendaftar hal-hal kecil itu, lalu melakukannya di setiap mood lagi drop pasti bisa naikin mood lagi.

Happiness is conscious choice, not an automatic response

~Mildred Barthel

Mulai mendaftar hal-hal sederhana itu yuk…

4 thoughts on “Child’s Smile

Leave a Reply

