Presence

Saya paling tak pandai mengucapkan “turut berduka cita”. Rasanya kalimat itu tidak akan berguna untuk orang yang sedang berduka. Ini memang personal opinion sih. Dulu, waktu saya pernah sangat berduka saya merasa nggak ada gunanya orang mengucapkan “Turut berduka cita”. Buat saya itu bohong, mereka tidak benar-benar berduka seperti apa yang saya rasakan. Oleh karenanyalah, saya jarang mengucapkan “turut berduka cita” pada orang-orang yang berduka.

Hari ini, saya dikagetkan oleh satu hal. Seseorang menyapa saya duluan, lalu tersenyum dan mengucapkan “Nanda, Thank you ya..”.

Saya sempat terdiam, dan saya hanya mengangguk sambil balas tersenyum.

Mungkin tidak ada yang aneh dengan sapaan. Tapi, kalau kamu mengenal orang ini, sapaan ditambah senyuman benar-benar sesuatu dengan probabilitas yang sangat kecil sekali. Itulah kenapa saya sempat terdiam.

Setelah dia berlalu, saya baru ingat. Jumat kemarin dia sedang berduka karena kehilangan orang yang saya pikir adalah orang yang dia sayang. Jumat kemarin saya dengan teman-teman datang ke rumah duka. Dia memang sedang tidak di tempat. Tapi, buku tamu yang saya isi mungkin “bercerita” padanya.

Saya baru sadar apa yang membuat dia mengucapkan terima kasih dengan bersahaja. Kehadiran. Iya, kehadiran di saat berduka berarti lebih daripada sekedar ucapan. Merelakan sedikit waktu untuk datang menunjukkan kalau memang “ikut” merasakan duka yang dialami.

In sorrow, we need their presence more than their presents.

Tak perlulah banyak kata, cukup datang dan diam.

***

*foto diambil dari rumah duka.

6 thoughts on “Presence

  1. gak bisa lebih setuju lagi ndaaa…

    ada momen dimana bagi kita yang merasakan, kata-kata turut berduka itu cuman sekedar angin lalu di telinga.. i’ve been there.. hehe..

    sepakat sama Mitha juga, have i said thanks to you? atas kehadiran kamu di pemakaman dan dirumah awal tahun ini..🙂

Leave a Reply

