Membagi Mimpi Besar

 I always enjoy playing with kids. Letting them explore new things is my favourite moment…

Foto di atas di ambil oleh mas Iman, teman baru yang jago foto dan saya kenal di @shoeboxproject.

Acara @shoeboxproject ini sudah lama saya tahu dan ingin saya ikuti. Tapi, beberapa kegiatan yang dilakukan sebelumnya selalu bentrok dengan kegiatan @childcanlead. Jadi, ketika saya sedang tidak ada kegiatan, saya langsung berminat untuk ikut.

Shoeboxproject ini sudah sampai ke kegiatan yang ke-7. Setiap bulannya akan ada kegiatan yang berbeda-beda. Untuk kegiatan ke-7 ini datang ke sebuah sekolah dasar di daerah Pedongkelan Jakarta Timur. Ini sekolah SD dari kelas 1-6, terdiri dari 2 ruangan kelas dan diajar oleh 2 orang guru. Bisa bayangkan bagaimana jadwal mereka belajar?😀

Hari Sabtu 2 April 2011 lalu, para volunteer datang untuk dibagi menjadi 2 kegiatan, renovasi gedung sekolah dan mengajak anak-anak belajar sambil bermain. Sekolah direnovasi dan diberi fasilitas misal kipas angin dan rak buku. Tim lainnya menemani anak-anak bermain sambil belajar. Sebelumnya, anak-anak diberi “Pe-er” untuk menuliskan mimpi mereka, lalu saat kami datang kami minta mereka untuk menceritakan ulang.

Ada salah satu anak, yang tulisannya berjudul “Musibah Membuat Tidak Bisa Sekolah”. Saat saya membaca sekilas judulnya saja saya merasa sedih. Anak-anak diajak “bermimpi”, namun yang mereka terpikirkan kok ya seperti itu. Apakah mereka sudah kehilangan pengetahuan mengenai “mimpi yang menakjubkan” atau “mimpi mendapatkan kesuksesan”? Entahlah…

Tapi, saya tetap optimis, suatu saat semua anak Indonesia akan punya mimpi besar. Mimpi yang menunjukkan bahwa mereka ingin sukses.

Bagi kita yang “sudah” mempunyai mimpi besar, bisa membantu mereka menginformasikan hal-hal baru. Membiarkan mereka eksplor banyak hal sehingga mereka punya pengetahuan yang lebih luas.

Melakukan kegiatan untuk membagi sedikit mimpi-mimpi besar kita untuk mereka…

Kegiatan serupa Shoeboxproject atau ChildCanLead lah yang bisa membantu mereka mewujudkannya. Dan kita semua-lah yang bisa membantu mewujudkan itu🙂

5 thoughts on “Membagi Mimpi Besar

  1. KEREN! Sama dengan yang sering saya adakan di event-event training. MIMPI itu modal utama dalam hidup. Dan, bagi sebagian orang atau anak-anak, perlu dipicu keberadaannya.🙂

Leave a Reply

