Take a break. Evaluate.

Ada kalanya waktu berjalan lambat-lambat, dan ada kalanya berjalan terasa cepat.
Beberapa minggu kemarin waktu terasa cepat bagi saya. Tiba-tiba saja #perpuskreatif launching, tiba-tiba saja saya sudah di Surabaya menghadiri 1st meetup Bincang Edukasi, dan tiba-tiba saja saya sudah liburan di Malang.

Lalu sebelum saya menyadari apa yang saya lakukan, saya kemarin dipertemukan dengan satu kenyataan bahwa karma itu ada. Bahwa sakit yang kita rasakan adalah jalan Allah menghapus dosa. Bahwa perbuatan baik yang kita tanam akan menuai kebaikan di kemudian hari.

Mpok Nung, 3 hari yang lalu melahirkan putri pertamanya. Layaknya teman, saya, Satrio dan Anto semalam pergi ke sana. Berbincang ini itu, bercerita sana-sini… Lalu selesai karena hari sudah semakin malam.

Di perjalanan pulang, saya bilang ke Satrio…
“Sat, untung perpus udah jadi ya. Nggak kebayang kalo anaknya udah lahir masih tinggal di rumahnya yang lama.”
“Iya Nda, rumahnya yang lama kan kecil banget. Ngelihat tadi banyak yang datang, trus ada anak bayi begitu, mana cukup di tempat yang lama”
lalu kami terdiam.
“Lu percaya karma?”
“Nggak tahu. Yang gw tahu kalau kita berbuat baik akan ada balasannya. Yang gw percaya, kalau kita sakit itu penggugur dosa, karena memang banyak kesalahan yang kita perbuat”
“Iya, itu juga gw percaya. kalau sakit sebenernya kita beruntung, ditegur Allah di dunia ya..”
“Heu euh. Kayak Mpok Nung, perpustakaan itu juga sebenernya rejeki anaknya ya. Karena selama ini dia melakukan sesuatu untuk anak-anak, makanya waktu dia punya anak kebaikannya berbalik. Seharusnya 9 bulan anaknya udah lahir, tapi ini anaknya lahir lebih dari 9 bulan, seperti nunggu perpus jadi dan selesai launching ya..”

Obrolan saya nggak berhenti di sana. Banyak lagi.

Satu hal yang saya pikir, ketika waktu berjalan cepat apakah saya sempat berhenti dan mengevaluasi diri, yang saya lakukan ini apakah benar? apakah baik?
Hingga cukup bekal saya untuk berjalan lagi… baik di dunia ataupun akhirat.

One thought on “Take a break. Evaluate.

  1. hey darling. title nya begitu catchy. suka. ya, mudahan kita sama-sama sempat meng-evaluasi diri utk berbuat lebih baik.

    salam dari kuala lumpur😀

Leave a Reply

