Sedikit untuk dibagi

Pagi minggu 15 Mei 2011, saya datang ke Sungai Bambu. Hari itu adalah lomba menulis buat anak-anak perpuskreatif. Diantar oleh Yudi, salah satu volunteer, saya datang ketika jam hampir menunjukkan pukul 9.

Di depan perpuskreatif, sudah beberapa anak menunggu. Dari kejauhan mereka sudah memanggil nama saya. Menyenangkan.

Saya melewati pintu, tertegun sejenak melihat hiasan origami yang dipajang di pintu masuk. Semuanya mereka buat sendiri. Masuk ke dalam, makin excited dengan gambar-gambar dan foto yang tertempel di dinding. Ahhh… anak-anak sudah menghias perpuskreatif. Saya bahagia, karena itu pertanda mereka mulai merasa memilki perpustakaan itu, semoga mereka akan selalu merawatnya.

Melihat saya masuk, anak-anak lainnya ikut masuk. Saya terburu-buru karena memang waktu sudah saatnya kami memulai acara. Tikar belum digelar.
“Adek-adek, bantuin Kak Nanda gelar tiker yuukk.. biar kita bisa duduk”.
Tak perlu mengulangi ucapan, semua anak langsung mengambil tikar dan menggelarnya di tengah ruangan. Saya terima beres.
“Kak Nanda” tiba-tiba Farhan, salah satu anak, memanggil saya.
“Ya…”
“Hari ini, aku mau bagiin permen ya buat temen-temen”

Saya tertegun. Saya pandangi sekilas kantung yang dia bawa. Penuh dengan permen berwarna ungu. Ada rasa haru yang menelusup ketika Farhan mengatakan itu. Tak ada yang salah dengan berbagi. Yang membuat saya tertegun adalah keinginan dia untuk berbagi.

“Waahhh, boleh-boleh nanti kita bagi-bagi yaa..”, saya berusaha mendistraksi diri saya yang masih tertegun dengan menjawab lantang.
“Ini permennya patungan sama anak-anak yang les malem”  kata Sindy, teman Farhan. Lagi-lagi saya tersenyum.

Alhamdulillah, mereka memiliki inisiatif untuk berbagi. Saat permen dibagi-bagi, teman-teman yang lain juga sangat senang.

Bukan tentang apa dan berapa banyak yang mereka bagikan, tapi niatan tulus untuk bersama-sama membagi sedikit yang mereka punya, adalah hal yang luar biasa.

Dari Sindy dan Farhan, hari itu saya lagi-lagi belajar, bahwa selama ada niatan untuk berbagi, lakukan! Sedikit yang kita punya tak harusnya menghalangi untuk berbagi. Jika ingin berbagi ke banyak orang, maka lakukan bersama-sama.

Sudahkah kita hari ini membagi yang sedikit kita punya untuk kebahagiaan orang lain?

Ps: untuk acara perpuskreatif minggu kemarin, ditulis di blog nya Mbak Ollie juga🙂

3 thoughts on “Sedikit untuk dibagi

Leave a Reply

