Pengalih

“Anak-anak di sini masalahnya banyak.. pergaulan bebas, narkoba.. Sering juga ngabisin waktu di warnet, nggak tau apa yang di browsing..”

Di atas adalah penggalan kalimat yang diucapkan Mbak Feni, pengurus salah satu rumah singgah di Senen.

Hari minggu kemarin saya diajak Dining untuk datang ke rumah singgah Senen setelah sebelumnya Dining sempat datang ke perpuskreatif. Kami sempat ngobrol sedikit tentang apa yang bisa dilakukan untuk anak-anak di daerah Senen itu.

Awalnya saya pikir, saya bisa mengadaptasi apa yang sudah saya lakukan di perpuskreatif untuk diaplikasikan di sana. Tapi, setelah datang, saya lihat ini akan jauh berbeda. Range anak yang sangat variatif dari SD sampai SMU dan lingkungan yang jauh lebih keras dibanding Sungai Bambu. Ini akan sangat berbeda.

Saya memang tidak cukup paham mengenai bagaimana membentuk anak sehingga bisa menghindari pergaulan bebas atau Narkoba, tapi satu hal yang saya yakini…

Anak-anak, atau siapapun, bisa berbuat buruk karena mereka tidak tahu caranya berbuat baik atau mereka terlalu banyak waktu untuk melakukan hal yang buruk dibandingkan yang baik. Salah satu cara untuk mengurangi perbuatan buruk adalah “mengalihkan” dan menyibukkan diri mereka dengan perbuatan baik.

Mungkin, tidak akan cukup banyak yang bisa kita lakukan. Tapi, sedikit “pengalihan” di hari minggu untuk mereka sepertinya layak dicoba. Tak ada salahnya memulai dari yang sedikit siapa tahu jadi bukit. Yang tidak terbiasa toh akan menjadi biasa jika dilakukan terus menerus.

Jika kamu mau menjadi bagian dari “pengalih” ini, silahkan hubungi saya di inandatiaka[at]gmail.com. Kita akan mulai hari minggu ini tanggal 25 September 2011 jam 13.00-15.00. Mulai dari mana? mulai dari mengenali mereka dari dekat…🙂

Daripada mengutuki kegelapan, mari kita menyalakan lilin. Meski cahanya sedikit, lilin akan menuntunmu perlahan ke tujuan.

One thought on “Pengalih

  1. kalo udah menyangkut narkoba, harusnya didatangkan ahli buat menangani kecanduannya dulu, Nan.. Abis itu baru dibuat kegiatan pengalihannya.

    pengalaman ku dulu dekat dan bergaul dengan para pecandu waktu di Jogja, plg susah itu adalah menghilangkan sugesti untuk “make” soalnya. Yang ini yang metode pengalihannya agak beda.

    mungkin sebaiknya dilihat dulu tingkat kecanduannya seperti apa, dikonsultasikan dengan ahlinya, baru bikin metode pengalihannya.

    Pengen bergabung, tapi tanggal itu ga bisa ih! Hiks😦

    Let’s see what I can do from here. Nanti aku coba tanya-tanya ke temen-temen sesama relawan pecandu narkoba yang dulu deh ya..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s