Jakarta oh Jakarta

Hampir 5 tahun saya tinggal di kota Jakarta. Iya, saya bagian orang-orang yang madat-madatin Jakarta demi mengumpulkan segudang berlian *karena segenggam terlalu sedikit* #maruk.

Selama ini saya selalu mencari tempat tinggal terdekat dari kantor. Di kantor pertama, saya cukup menempuh 10 menit dengan ojek dari kos ke kantor. Pindah ke kantor kedua, hanya perlu 5 menit berjalan kaki. Lima menit! artinya kalau meeting jam 8, saya bangun 7.45 pun saya masih bisa datang ke kantor tepat waktu.

Babak baru dalam hidup saya membuat saya harus mengikuti di mana suami tinggal. Jadilah saya yang biasa tinggal tak lebih 1km dari kantor, sekarang harus menempuh hampir 70km dari rumah ke kantor. Artinya dengan kecepatan mobil rata-rata 70km/jam saya baru sampai 60 menit. Itu, kalau kecepatannya konstan. Kalau macet? Ya gitu deh…

Kemarin hari pertama saya ke kantor mengendarai kendaraan sendiri. berangkat pukul 5.40, sampai di kantor pukul 7.10. Huaaaa! 90 menit! Walhasil, pulang kantor saya langsung tepar, tidur!

Hari ini saya berangkat 10 menit lebih pagi. Dan yah, saya pun hanya butuh 45 menit ke kantor. Beda dikit aja, ngaruhnya berpuluh menit di jalan. Ohhh Jakarta Oh Jakarta!

Kemarin-kemarin saya mana peduli dengan program gubernur Jakarta dalam mengatasi kemacetan. Apapunlah, saya nggak terpengaruh. Hla hari ini.. saya langsung berharap ini itu… Do’ain Jokowi-Ahok deh beneran tegas dan bisa mengatasi kemacetan. Btw, saya mendukung pembenahan tranportasi umum dan pembatasan mobil pribadi. Biar kayak di Singapore gituh, kemana-mana bisa nyaman naik bus/MRT.

Ada usulan mengatasi macet yang lain?

Leave a Reply

