Sipit, trus kenapa?

Beberapa hari yang lalu, bagian rekrutmen di kantor cerita  mengenai kebutuhan tambahan orang di tim saya.

“Kemarin kirim kebutuhan rekrutmen ke universitas X saya?”

“Ohiya, saya minta tolong ke temen saya untuk disebar”, jawab saya santai, “gimana, udah ada yang kirim CV?”

“Ada sih, tapi semuanya orangnya begini” sambil dia menarik ujung matanya dengan telunjuk, supaya terlihat sipit.

“Sipit? Chinese? Trus kenapa??” saya langsung berubah kesal.

***

Etnis. Saya kesal sekali setiap orang membeda-bedakan mengenai etnis. Kalau dia Chinese, trus kenapa? Apa jadi menyebalkan? Apa jadi menyusahkan? Kalaupun iya, bukan karena dia Chinese, tapi ya memang sifat nya begitu. Entah dari etnis manapun, ya hargai setiap orang sebagai individu.

Saya sendiri termasuk orang yang berteman baik dengan banyak orang Chinese, dan rasanya sejauh ini tidak pernah bermasalah. Bekerja pun dengan mereka tidak membuat saya menjadi susah. Jadi, wajar dong kalau saya kesal kalau ada yang membeda-bedakan seperti itu?

Orang tua saya juga berteman baik dengan orang Chinese. Saya ingat saat tahun 1998 lalu ketika orang tua saya terjebak di kerusuhan bulan Mei di Jakarta. Orang tua saya dan temannya sedang berada di dalam mobil di daerah Thamrin, dan sudah terbayangkan betapa sulitnya mereka berusaha melindungi diri hanya karena mereka “dianggap” berbeda. Tapi, syukurlah mereka semua selamat.

Ah, inti dari tulisan ini sebenernya mau mengajak semua yang baca kalau tidak perlu membeda-bedakan orang berdasarkan etnis. Hargai semua individu, lihat kepribadiannya masing-masing. Toh, bukan karena berasal dari etnis tertentu jadi sifatnya pasti baik atau pasti buruk kan?

 

 

Leave a Reply

